September 12, 2022

Sentiaki Coffee : Rekomendasi Coffee Shop di Cilamaya

Beranda Sentiaki Coffee
Memasuki tanggal 15 Bulan Shafar, di beranda Sentiaki Coffee, saya mencicipi kopi robusta terbaik se-Jawa Barat. Mengapa kopi ini terbaik? Jadi begini ceritanya kawan. Bulan Juni lalu, Pemprov Jawa Barat mengkurasi 166 sampel kopi untuk dipromosikan pada Event World of Coffee di Milan, Italia. Dari ratusan sampel tersebut, terpilih sepuluh sampel kurasi terbaik diantaranya enam kopi arabika, tiga kopi robusta dan satu kopi liberika. Fakta menariknya Kopi Sanggabuana yang ditanam para petani di Gunung Sulah, bahan dasar espresso yang saya nikmati malam ini, meraih poin tertinggi yakni 83,625 poin untuk jenis kelas robusta.

Setelah saya cari informasi tentang kopi ini. Tanu Wijaya, pengirim sampel kopi tersebut tidak mengirimkan 5kg biji kopi Sanggabuana yang disyaratkan Pemprov Jabar untuk dipromosikan ke Milan. Sebab ia hanya memiliki sisa biji kopi 500 gram saja. Hal itu bukan menjadi poin penting menurutnya. Tanu sudah berpuas diri dengan kurasi tim ahli kopi Jawa Barat yang menilai kopi robusta Sanggabuana menjadi yang nomor satu. Sebuah pretasi yang membanggakan memang.

"Di Pegunungan Sanggabuana banyak petani kopi, namun belum dikenal banyak orang," cerita Jaber, pemilik Sentiaki Coffee. Saya bahkan baru tahu kalau Karawang mempunyai varietas kopi unggulan di daerah Loji Sanggabuana.

Ruang itu bernama Sentiaki

Sentiaki sendiri dicatut dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Satyaki. Muncul dari ide seorang habib pada suatu momen kala progress awal pembangunan tahun 2021 di kediaman sang pemilik. Satyaki memiliki karakter yang bagus. Meski sedikit diubah menjadi Sentiaki, bisa juga memilki arti senang, setia dan kopi. Diharapkan konsumen yang berkunjung bisa merasakan kesenangan dan loyal untuk ngopi di kafe yang baru dibuka 29 Agustus 2022 silam.

Sentiaki hadir dengan konsep consumer experience dapat mengenal dan mencicipi kopi Sanggabuana Karawang yang menjadi bahan dasar menu yang ditawarkan. Dua menu signature kafe ini yakni Mazagran dan Djitumangkiang. 
Proses penyajian Mazagran
Tentang Mazagran & Djitumangkiang

Mazagran terinspirasi dari kopi Portugis. Sajian kopi espresso hangat yang diseduh diatas perasan buah lemon, rasa mint dan es batu. Jika ditilik lebih lanjut, Masagran memiliki nilai sejarah yang panjang. Berasal dari negeri Aljazair. Kala pengepungan Benteng Mazagran, koloni Perancis disuguhkan sirup kopi dan air dingin untuk menghilangkan dahaga/hawa panas. Ketika kembali ke Perancis, para prajurit tersebut menyarankan kafe disana untuk menyajikan kopi tersebut. Sampai digemari banyak orang. Bahkan menyebar sampai ke Austria yang biasanya ditambahkan rum dan gula cair. Sedangkan di Catalonia dan Valencia, kopi ini ditambahkan dengan kulit lemon.
Mazagran Signature
Mazagran versi Sentiaki memilki cita rasa yang enak di lidah juga di perut. Racikan gula aren, ekstrak mint, perasan lemon, batu es, seduhan espresso Kopi Sanggabuana beserta brown sugar menjadi menu kopi yang patut untuk dicoba. Paduan kopi dan lemon menjadikan minuman ini sehat untuk dicerna oleh tubuh kita. Saya dan teman saya pun merasa ketagihan mencicipi Masagran malam ini. Kalian kalau nongkrong ke Sentiaki, bisa banget mencoba Masagran. Perhatikan pula cara pembuatannya yang membutuhkan olahan yang pas hingga membuat ketagihan saat diminum.
Coffee Bar Sentiaki
Pilihan menu khas lainnya adalah Djitumangkiang. Kalau nama ini sedikit ada cerita lucunya kawan. Jadi owner Sentiaki dulunya anak teater di masa SMA. Pernah suatu kisah, ketika hendak tampil di Gedung Rumentang Siang. Jaber salah menyebutkan nama gedung itu dengan sebutan Djitumangkiang. Sontak kawan-kawan dan pembina teaternya tertawa mendengar salah penyebutan itu. Lantas dengan momen itu, ia memakai Djitumangkiang sebagai nama panggungnya di dunia seni teater. Sekarang, ia pun menggunakan kosakata itu menjadi nama menu andalannya. Lain kesempatan, saya akan mencoba kopi yang difermentasi selama satu hari ini. 

Mengusung konsep kafe outdoor minimalis dengan kesan yang menyatu (ramai) namun tetap memberi kenyamanan dan kehangatan bagi pengunjungnya. Ke depan, kafe ini akan terus berinovasi dan semoga menjadi space bagi komunitas lokal setempat untuk mengasah diri sembari menikmati seduhan kopi. Sebagai informasi, tanggal 24 September nanti, akan ada acara malam puisi yang akan dibawakan komunitas perpus jalanan Cilamaya. Kalian bisa banget untuk datang kesini, bertemu dan bercengkerama di malam minggu. 
Ruang outdoor Sentiaki
Kafe ini berlokasi di Jalan Syeh Quro RT.003/RW.03 Krasak, Telagasari, Cilamaya Wetan, Karawang. Kita ulas tentang harganya yang relatif amat terjangkau. Dimulai belasan ribu saja. Tersedia juga camilan seperti kentang goreng, dimsum, sosis, churros dan lain-lain. Saya sudah mencoba Kopi Susu Karamelnya. Rasanya pun lumayan oke dengan kombinasi yang pas. Kopinya terasa, karamelnya pun gak kebanyakan. Begitu pun es kopi susunya. Menurut review teman saya, kopinya masih terasa, campuran susunya gak terlalu dominan, dan rasa manisnya proper
Es Kopi Susu vs Kopi Susu Karamel
Kalian yang ingin mencoba tempat nongkrong atau penyuka kopi, Sentiaki Coffee menjadi tempat yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Terlebih untuk sebuah kafe kopi di Cilamaya Karawang. Rekomendasi waktu terbaik untuk datang kesini adalah diantara jam lima sore hingga menjelang maghrib. Terlebih saat suasana matahari akan terbenam. Bila cahaya langit sedang bagus/cerah, suasana disini akan estetik dan cukup oke untuk diabadikan. 

Di kafe ini tersedia pula musholla kecil, toilet, beberapa meja outdoor dengan kapasitas kurang lebih 20 pengunjung. Letaknya dekat pula dengan masjid yang tak jauh di seberang jalan. Oh ya, waktu operasional kafe ini buka mulai pukul 16.00 sore - 23.30 malam. Kalian bisa pantengin juga akun instagramnya di @sentiaki.cofee.

Yuk silakan eksplore ke Sentiaki Coffee. Semoga kalian suka dan mari mendukung penggunaan produk lokal. Dengan mengkonsumsi atau menggunakan produk lokal menumbuhkan ekonomi masyarakat semakin kuat dan mandiri. Semoga tulisan ini bermanfaat ya kawan. Kalau kalian punya rekomendasi kafe kopi yang rekomen untuk dikunjungi juga, silakan berbagi di kolom komentar ya! 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Instagram